Wajah Mantan Bupati Nisel Dilempar Kotoran, Himni Sumut: Itu Perbuatan Tidak Beradab - Sumut Times - Portal Berita Sumut Terupdate - News For People

Berita Terbaru

Digifest BI

Digifest BI
Iklan

Tuesday, January 28, 2020

Wajah Mantan Bupati Nisel Dilempar Kotoran, Himni Sumut: Itu Perbuatan Tidak Beradab

Ketua Himni Sumut Turunan Gulo (sumuttimes/ist)
Sumuttimes.com - Wajah Mantan Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi dilempari kotoran hewan ternak, oleh oknum warga saat menghadiri acara syukuran Kepala Desa Hilisataro Gewa, Kecamatan Toma beberapa waktu lalu.

Kejadian menjadi viral setelah videonya diunggah ke media sosial. Banyak masyarakat dan tokoh Nias berkomentar serta menyayangkan terjadinya insiden tersebut.

Salah seorang diantaranya Ketua Himpunan Masyarakat Nias (Himni) Sumut  Turunan Gulo. Kepada sumuttimes.com, Senin (27/1/2020) siang, ia mengatakan bahwa aksi pelemparan kotoran ke wajah mantan Bupati Nisel bukanlah tindakan beradab.

Meskipun, pelemparan tersebut dilatar belakangi oleh perasaan tidak suka, kecewa atau alasan politik lainnya. Tetap saja, tidak boleh direalisasikan dengan cara semcam itu.

"Terlepas perbedaan pilihan dan latar belakang sosial politik, tindakan tersebut sangat tidak bisa dibenarkan. Itu tindakan tidak beradap. Turut prihatin dan mengecam tindakan tersebut," tegas Turunan Gulo.

Ia juga menyarankan, jika masyarakat masih memiliki persoalan sebaiknya diselesaikan secara kekeluargaan. Bila kurang puas, masyarakat juga dapat menempuh jalur hukum dan tidak sampai bertindak anarki.

Tokoh Masyarakat dan mantan anggota DPRD Nisel Kadar Dachi
Sementara itu, Tokoh masyarakat Nisel yang juga mantan anggota DPRD Nias Kadar Dachi, SH menilai bahwa inseiden tersebut harus ditanggapi oleh pihak kepolisian. Ia yakin bahwa ada provokator dibalik insiden tersebut. Jika dibiarkan, maka kejadian serupa dapat terjadi lagi.

"Oknum yang sengaja memperkeruh atau memprovokasi kejadian tersebut patut diselidiki pihak berwenang karena dapat berpotensi membuat kekacauan di Nias Selatan," pungkas Kadar Dachi.(sumuttimes/zat/yagi)