Swangro Lumbanbatu Usung Konsep "Marsiadapari" Untuk Pimpin Samosir - Sumut Times - Portal Berita Sumut Terupdate - News For People

Berita Terbaru

Digifest BI

Digifest BI
Iklan

Saturday, October 26, 2019

Swangro Lumbanbatu Usung Konsep "Marsiadapari" Untuk Pimpin Samosir

Bakal calon Bupati Samosir tahun 2020, Swangro Lumbanbatu ST, M.Si. (sumuttimes/ist)
Sumuttimes.com - Bukan hanya muda dan cerdas, tapi bakal calon Bupati Samosir tahun 2020, Swangro Lumbanbatu ST, M.Si merupakan pribadi yang tidak lupa akan nilai-nilai budaya luhurnya sebagai orang Batak. Hal ini terlihat dari konsep yang diusungnya untuk berjuang di bursa pemilihan hingga mendapat kepercayaan masyarakat memimpin Kabupaten Samosir, nantinya.

Marsiadapari, demikianlah konsep yang ingin ia kembalikan dan pertahankan guna membangun kabupaten Samosir. Sabtu (26/10/2019) siang Swangro mengatakan bahwa dengan konsep ini, ia akan melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Samosir untuk menjalankan roda pemerintahan.

Caranya, dengan mengajak seluruh masyarakat duduk bersama untuk berdiskusi, memberi masukan dan menyampaikan apa yang kebutuhan mereka dalam mengembangkan daerahnya. Melihat perkembangan teknologi, Marsiadapari juga akan didukung dengan aplikasi berbasis online yang dapat diakses melalui smart phone.

"Konsep Marsiadapari adalah suatu kegiatan uyang dilakukan masyarakat untuk mencapai tujuan atau keinginan bersama.
Marsiadapari secara filosofi Dengan adalah saling bahu membahu satau sama lain dalam satu lingkup kecil dalam masyarakat. Melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang terdiri dari berbagai profesi, berbagai latar belakang, berbagai pekerjaan,  pemerintah dengan konsep marsiadapari dalam pemerintahan adalah menampung semua aspirasi masyarakat, apa yang menjadi kendala dalam memenuhi kebutuhan mereka," papar Swangro.

Lebih lanjut, Swangro menjelaskan bahwa konsep yang diusungnya tersebut bukanlah hal yang baru, tetapi terabaikan. Sehingga, sering masyarakat merasa dirugikan dengan kebijakan atau program yang dibuat oleh pemerintah. Padahal, dengan menerapkan Marsiadapari, akan lebih memperbaiki komunikasi dan mempererat hubungan antara pemerintah dengan masyarakatnya. Untuk itu, ia memohon kepada seluruh masyarakat, khususnya yang berdomisi di Kabupaten Samosir mendoakan serta mendukungnya untuk memimpin Kabupaten Samosir tahun 2020 mendatang. (sumuttimes/pras)