DPD Nasdem Kota Gunungsitoli Buka Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota - Sumut Times - Portal Berita Sumut Terupdate - News For People

Berita Terbaru

Digifest BI

Digifest BI
Iklan

Friday, October 11, 2019

DPD Nasdem Kota Gunungsitoli Buka Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota

Sumuttimes.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Gunungsitoli, Denisman Bu’ulolo, ST dan didampingi Wakil Ketua sekaligus Anggota Panitia Penjaringan Cakada ditingkat Kota Gunungsitoli, Kurniawan Lase meluruskan pemberitaan bahwa sebenarnya yang menentukan lolos tidaknya Cakada adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD Partai Nasdem saat disambangi beberapa awak media di Kantor Sekretariat Jalan  Lahewa No.14 Perumnas Fodo Gunungsitoli, Sumatera Utara, Kamis, (10/10/2019).

Adapun hal tersebut, secara resmi diseluruh Indonesia telah dibuka pendaftaran dan penjaringan Cakada sejak tanggal 23 September 2019 s/d tanggal 23 Oktober 2019. Dimana, partai politik memproses bacalon dimaksud melalui Peraturan organisasi Nasdem dengan Nomor: 006-PO/DPP-Nasdem/IX/2019 tentang tata cara penjaringan, verifikasi dan penetapan bakal calon kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah pada Pilkada 2020 nanti.

Ia sampaikan, bahwa Partai Nasdem dalam penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, mempunyai komitmen sesuai dengan mottonya bahwa Partai Nasdem Tanpa Mahar. “Bagi pasangan Calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang ingin mendaftar, silakan mendaftar tanpa mahar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua DPD Partai Nasdem Kota Gunungsitoli menyampaikan, bahwa Informasi dari Ketua Bappilu Partai Nasdem Kota Gunungsitoli pada tanggal 08 Oktober 2019 Pasangan Laso Jilid II, Calon walikota dan wakil walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laoli akan mendaftar dan sekaligus menyerahkan berkas yang didampingi seluruh tim Pasangan Laso Jilid dua (II) kurang lebih dua ratus (200) Orang.

“Karena Sekretariat tidak bisa menampung sebanyak dua ratus (200) Orang, Ketua DPD Partai Nasdem Kota Gunungsitoli berinisiatif menggambil tempat disalah satu obyek wisata yakni memilih tempat Aula pertemuan di Nusa Lima Beach Foa,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu acara pertama pendaftaran, dilanjutkan penyerahan berkas dan kemudian sepatah kata dari calon walikota dan wakil walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laoli untuk menyampaikan komitmen kedepan.

 Dikatakan, jika ada lebih 3 pasangan calon yg mendaftar, maka wajib DPD bersama dg Perwakilan DPW, Partai NasDem, melakukan Pleno untuk dapat menentukan/ memilih maksimal 3 pasangan bakal calon untuk diantarkan ke DPW Prov. Sumut dan selanjutnya DPW, dapat mengusulkan ke DPP Partai NasDem, maksimal 5 Pasangan Bakal Calon Kepala Daerah, ujar Denisman Buu lolo.

Terkait pemberitaan salah satu media online yang menyebutkan pengurus DPD Partai Nasdem Kota Gunungsitoli akan mengundurkan diri apabila DPP tidak mendukung pasangan Laso pada Pilkada Kota Gunungsitoli mendatang, menurut Denisman Buulolo bahwa hal itu hanya kesalahpahaman saja  karena yang menentukan layak tidak nya balon 6 diusung oleh Partai NasDem merupakan keputusan Ketua Umum DPP Partai Nasdem Bapak Surya Paloh. Pada kesempatan itu DPD Nasdem Kota Gunungsitoli masih memberikan kesempatan kepada peserta bakal calon walikota dan wakil walikota Gunungsitoli untuk mendaftarkan diri tanpa ada mahar ” tegasnya.

Untuk diketahuai, ada beberapa kriteria persyaratan khusus untuk berpotensi menang, antara lain Popularitas, Kedisukaan, Akseptabilitas, Elektabilitas dan Memiliki kemampuan melakukan mobilisasi dukungan logistik, Memiliki kompetensi, dan komitmen kepada Rakyat dan Partai Nasdem.

Selain itu, bersedia menandatangani Fakta Integritas, yaitu bersedia mengundurkan diri apabila melakukan tindak pidana ekstrimisme, korupsi, kekerasan terhadap anak dan perempuan, narkoba. Bersedia untuk melaksanakan survei pada lembaga survei yang disetujui oleh DPP. Wajib melibatkan struktur Partai dalam pemenangan Pilkada. Wajib melibatkan saksi Partai Nasdem dalam pemenangan Pilkada. Menyerahkan kelengkapan administrasi.

Denisman Bu’ulolo, ST juga menambahkan, bahwa contact Lembaga survei yakni; Indikator-Burhan Muhtadi (087882154799), Charta Politika-Yunarto Wijaya (0816973513), Poltracking- HantaYuda (081218501727), Indo Riset Consultant-Bowo Kumoro (085217427707), JSI-Nuki (08121337178), Indekstat-Redy Hendra (08111112724), Pusdeham-Masfar (08123066158), Research Centre Media Group- Eddy (08118115840) Yang telah dijadwalkan tanggal 23 September s/d 23 Oktober 2019 Pendaftaran telah dibuka, tanggal 24  s/d 31 Oktober 2019 Pemaparan Visi,Misi & Strategi, tanggal 1 s/d 5 November 2019 Pleno DPD/DPW, dan tanggal 6 s/d 8 November 2019 penyerahan berkas ke DPP. (Sumuttimes/yagi)