Bupati Nias : LIPD Sangat Penting Dalam Birokrasi Daerah - Sumut Times - Portal Berita Sumut Terupdate - News For People

Berita Terbaru

Digifest BI

Digifest BI
Iklan

Thursday, October 17, 2019

Bupati Nias : LIPD Sangat Penting Dalam Birokrasi Daerah


Bupati Nias saat menyampaikan sambutan di LIPD, (sumuttimes/yagi)
Sumuttimes.com - Pemerintah Kabupaten Nias telah menggelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Nias, baru-baru ini.
Bupati Nias dalam kesempatan itu nenjelaskan bahwa LIPD merupakan bentuk komitmen implementasi gerakan One Agency One Innovation. Gerakan ini merupakan bentuk dukungan dan dorongan dalam percepatan birokrasi sebagaimana telah diatur dalam Permen PAN dan RB Nomor. 30 Thn 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik.
Dikatakan,LIPD dilaksanakan sebagai wujud nyata dari evaluasi implementasi motto kerja Pemerintah Kabupaten Nias yakni kreatif,inovatif, dan sinergitas (KIS) yang bertujuan untuk mewujudkan satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) minimal satu inovasi melalui sinergitas antara rencana dan orientasi,katanya.
Menurut bupati Nias, sebagai salah satu perangkat daerah maka Setda Kabupaten Nias turut ambil bagian dalam lomba tersebut dengan menampilkan dua proposal  inovasi yakni pertama, Lafoda (Layanan Informasi Produk Hukum Daerah) dan kedua, Sihagada (Sistem Informasi Harga Pangan Untuk Pengendalian Inflasi Daerah).
Untuk diketahui, Inovasi Lafoda bertujuan untuk merancang dan menyiapkan website bagian hokum yang mana didalamnya terintegrasi laman publik produk hukum daerah sedangkan Inovasi Sihagada bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dari konvensional menjadi online.
Bupati Nias mengharapkan agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan OPD dapat memanfaatkan momen ini sehingga berimplikasi terhadap peningkatan kinerja pemerintahan Kabupaten Nias kedepan. (Sumuttimes/Yagi)