Makor Sumut Datangi Kejatisu, Tuntut Usut Dugaan Korupsi PMD Batubara - Sumut Times - Portal Berita Sumut Terupdate - News For People

Berita Terbaru

Saturday, August 10, 2019

Makor Sumut Datangi Kejatisu, Tuntut Usut Dugaan Korupsi PMD Batubara

Makor saat melakukan aksi di depan Kejatisu, kamis 8/8 (sumuttimes/ist)
Sumuttimes.com- Puluhan Mahasiswa Anti Korupsi (Makor) Sumut mendatangi kantor kejaksaan tinggi Sumatera utara kamis (8/8). Mereka menuntut dibongkarnya kembali kasus dugaan korupsi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Batubara tahun anggaran 2016.

"Saat itu, ada keterlambatan penyaluran dana desa yang tidak sesuai dengan verifikasi peraturan desa (perdes), tentang APBDes dari DPMD ke rekening kas Desa di Kabupaten Batubara. Dan, kami menduga sudah ada temuan BPK dan melanggar Hukum," ujar Koordinator Aksi, Sofyandi Lubis kepada sumuttimes.com.

Lanjutnya, ia menyampaikan agar turut mengusut tuntas perihal pemotongan 10 persen setiap pencairan dana desa yg dilakukan oleh Dinas PMD Kabupaten Batubara, dari 141 desa yang ada. Hal ini pula yang mengakibatkan pembangunan desa tidak optimal.

"Kami meminta kepada Kejaksaan Tinggi sumut agar memanggil dan memeriksa kepala dinas PMD batubara dan seluruh kabid2nya karena di duga kuat melanggar undang2 dan merugikan uang negara," tegas Sofyandi. Mahasiswa juga mengancam untuk datang kembali, jika aksi dan tuntutan mereka tidak ditindaklanjuti.(sumuttimes/zat)